Hasil Print Tidak Lurus

Mungkin kalian pernah mengalami saat ngeprint tabel atau text terjadi kesalahan pada hasil print yang tulisannya tau kadang garis pada tabel tidak teratur atau sejajar padahal pada print priview hasil sudah baik tetapi mengapa saat diprint hasilnya tidak sesuai, hal ini terjadi bukan karena masalah pada komputer atupun aplikasi yang digunakan.

dan yang paling penting hal tersebut tidak terjadi karena adanya kerusakan pada catridge ataupun head printer, jadi jangan diganti. dan lebih baik bersihkan terlebih dahului untuk catridgenya agar nanti pada saat pembersihan encoder dan decoder tinta tidak mengotori dua komponen tersebut yaitu encoder dan decodernya.

untuk mengatasi masalah tersebut diatas cobalah cek pada perangkat printer yang dipakai, hal itu terjadi karena komponen encoder dan decoder kotor atau biasanya yang paling sering adalah terkena tinta dari printer itu sendiri.

cara menangani hal tersebut diatas adalah sebagai berikut :
  1. Lepaskan tutup printer dari masing-masing baut
  2. carilah encoder dan decoder pada printer tersebut yaitu berupa diameter lingakaran bening dan garis yang bening. berikut gambarnya.
  3. lepaskan satu persatu antara encoder dan decoder tersebut.
  4. bersihkan satu persatu usahakan jangan sampai ada noda yang menempel termasuk tinta yang ada pada encoder dan decoder tersebut.
  5. kalau sulit untuk membersihkannya, gunakanlah air panas dan tisu.
  6. celupkan tisu tersebut pada air panas dan usapkan pada bagian yang kotor tadi sampai bersih.
  7. setelah semua dibersihkan pasanglah kembali encoder dan decoder tersebut perhatikan gambar panah pada saat pemasangannya.
  8. cobalah test printer tersebut untuk menghasilkan cetakan apakah sudah normal.
  9. kalau belum normal bersihkanlah kembali dua komponen tersebut sampai benar-benar bersih.
  10. kalau sudah bersih maka cetakan printer akan kembali normal.
itu beberapa tips menangani cetakan print yang tidak lurus,  terima kasih, semoga bermanfaat.

evensafka

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama